Tarik menarik antara Divisi Keuangan dan Divisi Marketing

Para pebisnis...pernahkah anda bingung mengambil keputusan?? Dana yang ada sekarang akan anda manfaatkan untuk keperluan operasional?? beli peralatan?? atau dipakai untuk bujet marketing ??. Atau terjadi tarik menarik antara pihak keuangan dengan divisi marketing...Divisi keuangan/akuntan anda menunjukkan rekaman catatan buruk tentang penggunaan dana untuk kepentingan marketing. Budget untuk pemasaran dan periklanan sudah cukup banyak di keluarkan namun omzet penjualan tidak ada peningkatan bahkan lebih parah... makin hari makin turun omzetnya.

Untuk usaha kecil-kecilan yang memiliki dana terbatas, penggunaan dana kas usaha anda perlu di pertimbangkan lebih matang.Karena jika anda serampangan atau sembarangan asal keluarkan dana...pasti jebol tuh arus kas usaha anda.

Marketing & Penjualan adalah poin penting dari elemen usaha yang harus anda perhatikan. Marketing & Penjualan ibarat darah anda atau bensin untuk menggerakkan roda usaha anda. Jika pemasaran & penjualan perusahaan anda loyo...tentu tinggal menunggu waktu saja kapan anda menutup usaha anda nantinya.Tapi...jika marketing & selling dilakukan dengan baik, marketing tentu merupakan investasi terbaik anda.

Umpama jika anda mengeluarkan bujet marketing Rp. 1,5 Juta untuk pasang iklan sekali tampil di media tertentu kemudian hasilnya memberi keuntungan pada usaha anda Rp.3 juta bersih dalam beberapa minggu saja, maka anda tentunya telah menggandakan uang anda. Jika iklan yang anda pasang ternyata benar-benar terbukti hasilnya setelah Uji dan Ukur. Saya yakin anda berkeinginan untuk kembali pasang iklan sebanyak mungkin sesuai keinginan anda karena tidak berpengaruh pada “pengeluaran biaya ” anda, karena iklan tersebut benar-benar menghasilkan dan menambah pendapatan anda. Dalam konteks ini tentu marketing adalah merupakan sebuah investasi penting bagi usaha anda. Namun...Pemasaran akan menjadi liabilitas atau pengeluaran sia-sia apabila dilakukan dengan tidak benar.

Masalahnya adalah banyak orang bisnis tidak mengerti caranya bagaimana menjalankan pemasaran dan periklanan yang mereka kerjakan sekarang.Tantangannya adalah mulai dari sekarang, pikirkanlah & perhatikan pemasaran & penjualan usaha anda, Belajar lebih banyak lagi tentang marketing & selling, beli buku-buku mengenai bahasan tentang marketing yang cocok dan aplikatif dengan usaha yang anda miliki, ikuti berbagai seminar yang membahas topik marketing & selling kemudian yang paling utama adalah PraKTekkan semua yang telah anda pelajari. Jadikanlah marketing & selling sebuah sistem seperti mesin uang yang menghasilkan arus kas anda

Ridwan
BukuPengusaha.Com
http://street-smart-entrepreneur.blogspot.com/

0 post comment:

Post a Comment